PENGARUH PEMBELAJARAN PSIKOLOGI SOSIAL TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN IKIP GUNUNGSITOLI KELAS B SEMESTER VIII

Authors

  • Amstrong Harefa IKIP Gunungsitoli

Keywords:

Hukuman, Kedisiplinan Siswa

Abstract

Hukuman adalah perbuatan yang dengan sadar dan disengaja diberikan dengan serta mengakibatkan nestapa terhadap anak atau sesama manusia yang menjadi tanggung jawab kita dan pada umumnya ada dalam kondisi yang lebih lemah secara fisik maupun psikis daripada kita, juga memerlukan kita. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui
data tentang pengaruh pemberian hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli. (2) Untuk mengetahui besernya pengaruh penerapan hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas IX SMP Swasta Masyarakat Damai Gunungsitoli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel yang diteliti yaitu pemberian hukuman sebagai variabel bebas (X) dan kedisiplinan siswa dalam belajar sebagai varibel terikat (Y). Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah lembar angket (questioner) dengan beberapa alternatif
jawaban yang telah disediakan untuk mengetahui pengaruh pemberian hukuman terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar. Untuk menganalisa data yang telah diperoleh, maka ditempuh langkah-langkah yaitu verifikasi data, pengolahan skor angket, uji validitas item angket, uji reliabilitas, mencari koefisien korelasi, menentukan koefisien determinan, dan
pengujian hipotesis. Untuk menguji keterpercayaan alat penelitian, peneliti menggunakan product moment atau teknik belah dua. Pengujian kepercayaan terhadap variabel X dengan hasil menunjukkan rhitung = 0,800, kemudian dikonfirmasikan dalam rumus Spearman Brown dengan hasil r11 = 0,889 sementara rtabel = 0,361. Jadi, r11 > rtabel dengan kata lain soal angket variabel X dinyatakan reliabel. Untuk variabel Y hasilnya menunjukkan rxy = 0,711 dikonfirmasikan dalam rumus Spearman Brown dengan hasil r11 = 0,831 sementara rtabel = 0,361. Karna r11 > rtabel maka variabel Y dinyatakan reliabel. Berdasarkan kriteria yang telah ada kedua variabel penelitian ini tergolong pada reliabel tinggi. Dalam mencari koefisien korelasi pada tabel r product moment dengan N = 31 pada taraf signifikan 5%
menunjukkan rxy = 0,811. Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan yaitu (1) Besarnya rata-rata perolehan skor item angket untuk pemberian hukuman (variabel X) adalah 64,3 sedangkan kedisiplinan siswa dalam belajar sebesar 65. (2) Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh hasil rxy = 0,805 dan rtabel = 0,361 dengan tingkat korelasinya
tinggi. Sedangkan dari perhitungan koefisisen determinan pemberian hukuman mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan siswa dalam belajar sebesar 64,803%. (3) Adanya pengaruh yang sangat kuat antara pemberian hukuman terhadap pembentukkan kedisiplinan siswa dalam belajar.

Author Biography

Amstrong Harefa, IKIP Gunungsitoli

Dosen Tetap YAPERTI Nias pada IKIP Gunungsitoli

Published

2014-12-01